Rabu, 24 Juni 2015

KOTA JOMBANG

                Jombang beriman itulah asalku
Jombang selain disebut kota Beriman dan kota Santri, karena banyaknya sekolah pendidikan Islam (pondok pesantren) di wilayahnya. Banyak tokoh terkenal di Indonesia yang berasal dari Jombang yatu KH Abdurrahman Wahid, pahlaan Nasional KH Hasyim Asy’ari . Konon kata jombng itu merupakan singkatan dari ijo (Indonesia hijau) dan abag (Indonesia merah) tapi sekarang suda beda dimana-mana kota jombang hamper seluruh bangunan berarna hijau dan kuning.
Di jombang juga banyak sekali tempat-tempat kuliner dan menjual makanan-makanan khas jombang seperti soto dhok,nasi kikil,tahu pong,salak 3 rasa,durian wonosalam itu semua salah satu makanan khas dari jombang kalau saya sih palig suka dengan nasi kikil. Nasi kikil sendiri adalah kakinya sapi atau kerbau, kikil ini imasak dengan suhu tinggi dan dengan wakt yang lumayan lama, ditambah dengan bumbu-bumbu khas, diberi santan dan bahan-bahan pendukung lainya. Jadilah makanan khas kikil jombang. Kikil ini akan terasa lebih enak di santap dengan nasi hangat dan ditambah dengan empal daging atau jeroan yang dimasak bacem dan yang lebih menarik adalah penyajianya yang menggunakan daun pisang yang dibentuk pincuk.
Kalau ngomongin adat Jombang sih setahu saya saat ikutan audisi guk yuk atau duta wisata di jombang dulu pernah di ceritain kalau tari remo dan ludruk sebenarnya lahir di jombang tapi sekarang sudah dikembangkan dan sudah di ambil oleh surabaya.sungguh tragis nasib jombang yang tidak punya adat lg :(
kalau ngomongin masalah ciri khas kota jombang, menurut saya itu Ringin Contong yang dulu katanya sih disebut ringin contong karena pohon ringin yang bentuknya sih seperti contong es krim tapi sekarang bentuknya sudah seperti layaknya pohon ringin yang sewajarnya
 Jombang juga memiliki tempat wisata seperti air terjun yang ada di Wonosalam, pemandian air panas, Taman Keplak Sari, Taman Mastrip, Alun-alun, dan Kebon Rojo. Perkembangan di Jombang sangat diperhatikan oleh pemerintah, dengan adanya tempat-tempat yang menarik, bahkan pertokoan semakin banyak di Jombang dan tidak kalah dengan kota-kota industri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar